.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

6 Cara Menghilangkan Jamur pada Body Mobil

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.26
6 Cara Menghilangkan Jamur pada Body Mobil

Banyak orang yang mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menghilangkan jamur pada body mobil. Sebab, kehadiran jamur atau lumut pada body mobil sangat mengganggu, terutama jenis jamur hitam yang menyebabkan noda membandel dan sulit dibersihkan.

Ditambah lagi, jamur pada body mobil juga dapat mempengaruhi kesehatan karena menyebabkan reaksi alergi. Oleh karena itu, kalau kamu menjumpai jamur pada body mobil, kamu harus segera membersihkannya agar tidak merusak cat mobil. Coba simak panduannya berikut!

1. Cara Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil Dengan Bahan Alami

Di pasaran saat ini, ada banyak pembersih jamur dengan bahan kimia. Tapi, tidak ada ruginya mencoba alternatif yang lebih aman yaitu cara menghilangkan jamur pada body mobil dengan bahan alami.

Sebelum memulai cara menghilangkan jamur pada body mobil, sebaiknya bawa mobil keluar dan berada di tempat teduh.

Buka semua jendela dan pintu selama 20-30 menit, agar kendaraan tidak terlalu lembab yang dapat memicu pertumbuhan jamur. Kemudian, kenakan sarung tangan dan masker wajah saat menghilangkan jamur dari body kendaraan.

Sudah siap? Mari kita mulai langkah di bawah ini!

Metode 1: Cuka dan air

Ya, tak salah lagi. Cuka adalah salah satu bahan yang dibutuhkan dalam cara menghilangkan jamur pada body mobil.

Kamu juga membutuhkan botol semprot isi 100ml, air, dan kain microfiber.

  • Campurkan sekitar 20 ml air dan 80 ml cuka ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan larutan ini pada permukaan body mobil yang berjamur.  Biarkan larutan pembersih mengendap setidaknya selama 20-30 menit. Cuka akan membunuh dan membasmi jamur atau spora.
  • Ambil sikat gigi bekas yang berbulu lembut untuk menggosok permukaan body mobil tersebut dan membersihkan jamur yang menempel.
  • Langkah terakhir sebenarnya opsional. Kamu bisa menaburkan boraks (sodium tetraborate decahydrate) ke area body mobil yang terkena jamur. Biarkan selama 10 menit sebelum membilas.

Metode 2: Garam

Dengan melarutkan garam laut dan air, kamu bisa membunuh jamur atau spora. Untuk menerapkan metode ini, pastikan hanya memakai garam laut karena termasuk jenis garam yang tidak ditambahkan bahan kimia lain.

Perlu diketahui bahwa garam bersifat menghambat perkembangan jamur atau spora. Ikuti langkahnya berikut:

  • Larutkan secangkir garam laut dalam seember kecil air. Tuangkan larutan pembersih ke dalam botol semprot.
  • Semprotkan larutan garam ke area body mobil yang terdapat jamur. Pastikan area tampak agak basah. Biarkan atau diamkan setidaknya selama 20 menit untuk membunuh jamur dan lumut.
  • Selanjutnya, jika mulai terbentuk kerak garam berwarna putih di bagian permukaan body mobil yang terkena jamur, gosok dengan sikat gigi bekas untuk menghapusnya.

2. Cara Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil Menggunakan Produk Pembersih

Saat ini di pasaran banyak dijumpai berbagai produk pembersih yang efektif sebagai cara menghilangkan jamur pada body mobil. Produk pembersih berbahan aerosol mengandung enzim tertentu yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan lumut.

Kamu perlu menyediakan botol semprot yang diisi dengan campuran produk pembersih dan air hangat (5:1). Pastikan memakai sarung tangan dan masker sebelum memulai penyemprotan agar lebih aman. Selanjutnya, ikuti langkah berikut:

  • Pertama, bersihkan semua permukaan body mobil, kamu bisa menggunakan pembersih serba guna.
  • Kemudian, semprotkan cairan ke permukaan yang terkena jamur. Biarkan selama 5-10 menit.
  • Ambil sikat gigi bekas untuk menggosok bagian body mobil yang berjamur agar lebih mudah dibersihkan.
  • Saat menyemprotkan cairan pembersih pada body mobil, jika terlalu basah, gunakan kain microfiber untuk mengelap.

3. Cara Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil dengan Pressure Wash

Salah satu metode alternatif lainnya yang efektif untuk menghilangkan jamur pada body mobil adalah pressure wash atau selang jet.

Namun, perlu diingat jika trim karet retak, cat terkelupas, atau terdapat karat, sebaiknya tidak menggunakan metode ini.

Secara umum, bila kondisi mobil baik secara keseluruhan, maka kamu bisa memilih metode pressure wash. Ikuti langkah berikut:

  • Gunakan fan-attachment agar tekanan tidak terkonsentrasi pada satu area.
  • Tempatkan fan-attachment sekitar 2 meter dari area tersebut.
  • Mulailah dengan tekanan sedang hingga rendah.
  • Jika jamur tidak hilang, tingkatkan tekanan air, namun pertahankan jarak semprotan agar tidak terlalu dekat ke body mobil.

4. Cara Menghilangkan Jamur Pada Body Mobil Dengan Busa Salju

Di tempat cuci mobil, banyak ditawarkan layanan pencucian dengan busa salju. Bahan ini dirancang dengan zat tertentu yang memecah kotoran, termasuk jamur atau lumut, sehingga mobil terlihat lebih bersih.

Selanjutnya, kamu dapat mengikuti langkah berikut:

  • Campur busa salju sesuai instruksi pada petunjuk labelnya.
  • Oleskan busa ke area yang terkena jamur.
  • Biarkan selama 3-5 menit (jangan biarkan mengering di permukaan).
  • Bilas menggunakan selang biasa atau selang bertekanan tinggi.

5. Shampo dan Kain Microfiber

Bila jamur yang menempel pada body mobil masih tergolong ringan, kamu bisa menggunakan metode yang satu ini.

Untuk melakukannya, kamu perlu memakai kain microfiber dan shampo mobil. Produk shampo mobil direkomendasikan karena aman untuk cat mobil. Jika tidak ada kain microfiber, kamu bisa memakai spons biasa.

Berikut cara menggunakannya:

  • Basahi area yang terkena jamur.
  • Teteskan shampo pada kain microfiber hingga berbusa.
  • Usapkan dan gosok perlahan pada area yang berjamur.
  • Bilas dan ulangi proses tersebut hingga noda jamur menghilang.

6. Terapkan Lapisan Coating Mobil

Langkah terakhir yang bisa dipertimbangkan adalah menerapkan lapisan coating mobil. Dengan menambahkan lapisan coating pada body mobil, maka dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur.

Kamu bisa melindungi permukaan body mobil dengan waxing, sealant, atau ceramic coating

Bila jamur tidak terlalu parah, kamu bisa menggunakan sealant. Sebab, sealant mudah diaplikasikan dan biasanya jauh lebih tahan lama ketimbang car wax.

Bagaimana Mencegah Munculnya Jamur Pada Body Mobil?

Jadi, cara menghilangkan jamur pada body mobil bisa sedikit merepotkan. Namun, bukan berarti kamu bisa melakukan dengan sembarangan. Yang terpenting, lakukan langkah di atas agar mencegah jamur muncul lagi.

Hal terbaik untuk melindungi kendaraan dari jamur atau lumut adalah mencucinya secara teratur. Disarankan mencuci mobil setidaknya sebulan sekali. Dan kamu tidak akan direpotkan jamur atau lumut yang mengganggu penampilan mobil kesayangan.

Terima kasih sudah membaca artikel kali ini. semoga artikelnya bermanfaat. Cek website Hyundai Motor Studio untuk info menarik lainnya!


TOP