[Notice] Social Distancing Guidelines for Visitors at Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

7 Tips Membeli Mobil Baru Sesuai Kebutuhan dan Pas di Kantong

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.05.04
7 Tips Membeli Mobil Baru Sesuai Kebutuhan dan Pas di Kantong
Tips membeli mobil baru penting dipahami sebelum benar-benar memutuskan memilih mobil mana yang sesuai. Saat ini mobil sudah mengalami berbagai perkembangan, terutama pada fitur-fiturnya.

Seperti fitur keselamatan dan berbagai layanan teknologi yang memudahkan. Hal tersebut terjadi karena memang semakin banyaknya pengguna dan penggemar mobil dalam satu dekade ini di berbagai belahan dunia.

Namun sayangnya untuk membeli mobil baru bukan perkara mudah, seseorang harus mengeluarkan budget yang lumayan banyak. Kalau di Indonesia sekitar 100 jutaan rupiah untuk mendapatkan mobil baru yang sudah terbilang kece.

Uang sebanyak itu tidaklah sedikit, oleh karenanya seseorang harus benar-benar mempertimbangkan dengan matang sebelum membeli mobil baru.

Tips Membeli Mobil Baru, Pilih Sesuai Kebutuhan


Ada 2 tipe orang yang hendak membeli mobil baru. Pertama, untuk kebutuhannya. Kedua, untuk keinginan atau hobi. Nah, bagi mereka yang membeli mobil untuk keinginan atau hobi tidak akan jadi masalah asalkan keuangannya cukup.

Sehingga tidak sampai membuat beban tanggungan keuangan yang malah menyulitkan ke depannya. Apabila uang hanya pas-pasan, maka bisa membeli mobil yang memang sesuai dengan kebutuhan saja sudah cukup.

Beberapa orang sering membuat kesalahan dalam membeli mobil. Yakni membeli mobil baru dengan sistem tukar tambah. Rata-rata pembeli berhutang sekitar 70 jutaan rupiah dari mobil terakhir ke pinjaman barunya.

Dalam hal ini orang membayar mobil yang sudah tidak lagi mereka kendarai. Dari sini bisa terlihat strategi keuangan yang kurang tepat. Karenanya, kami bagikan beberapa tips membeli mobil baru yang bisa menyesuaikan kantong dan tipenya sesuai kebutuhan.

1. Sesuaikan, Berapa Harga Mobil yang Mampu Anda Beli


Melihat perkembangan dunia otomotif saat ini, harga mobil cukup bervariasi antara satu dan yang lainnya. Namun dari sini, mobil bekas memiliki harga yang lebih terjangkau ketimbang mobil baru. Merek serta tahun pembuatannya juga mempengaruhi harga.

Sehingga jangan membeli mobil yang berada di luar batas kemampuan finansial Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan dalam membayarnya. Menurut harga pasar mobil bekas saat ini ada di kisaran 20 juta ke atas.

Kalau mau membeli mobil baru maka harus menyiapkan sekitar 100 jutaan ke atas. Dan apabila berencana untuk membeli mobil dengan sistem kredit, maka pastikan uang untuk mencicil tidak lebih dari 30% pendapatan saat ini.

2. Dapatkan Persetujuan di Awal untuk Mendapatkan Pinjaman Sebelum Datang ke Dealer Mobil


Mendapatkan persetujuan pinjaman sebelum benar-benar datang ke dealer mobil. Hal ini berlaku untuk orang yang memang membeli mobil dengan meminjam uang. Karena penting sekali dan berkaitan dengan proses pemilihan mobil nantinya.

Cara terbaik dalam menentukan pilihan mobil yang tepat adalah dengan mendapatkan persetujuan di awal untuk pinjaman mobil. Baik serikat kredit, pinjaman dari bank, atau yang lain.

Mendapatkan pinjaman di luar dealer mobil akan sangat bermanfaat untuk calon pembeli mobil. Mereka akan menyesuaikan dana saat memilih model dan tipe mobil mana yang tepat.

Cara ini lebih efektif ketimbang membuat seseorang memilih mobil terlebih dahulu. Karena bisa saja mereka akan jatuh cinta pada tipe mobil tertentu yang pihak dealer tawarkan, padahal belum tentu juga sesuai kebutuhan.

Selain itu, melakukan kredit dengan pinjaman yang bekerjasama dengan dealer berisiko sekali. Karena sistem kerjasama tersebut, dealer diperbolehkan menaikkan harga yang seharusnya menjadi lebih tinggi. Sehingga nilai kredit Anda bisa naik dan membebani keuangan.

3. Pastikan Memilih Dealer yang Memiliki Jejak Layanan Bagus dan Profesional


Meskipun banyak sekali dealer mobil yang menawarkan promo, bonus, dan sebagainya tapi tidak semua bisa memberikan pelayanan profesional. Apakah membeli mobil juga memperhatikan kredibilitas dealernya? Tentu dengan yakin jawabannya adalah iya.

Seseorang harus memilih dealer yang sudah berpengalaman serta memiliki kepercayaan bagus di masyarakat. Mereka pasti tidak akan menetapkan harga yang ngawur dan berpikir untuk membohongi Anda.

Selain itu dibuktikan dengan pelayanan yang ramah. Hal ini akan membantu kemudahan pembeli saat melakukan komplain atau mengklaim garansi ke depannya. Pastikan memperhatikan tips membeli mobil ini.

4. Tetap Sederhana Saat Pergi ke Dealer


Tips membeli mobil selanjutnya adalah dengan memfokuskan pada satu waktu dan satu hal. Apa keperluan dan kebutuhan yang diperlukan. Usahakan tidak memberi tahu penjual terlalu banyak, dan membuatnya bisa mengorek keinginan Anda.

Pasalnya hal ini merupakan permainan untuk menarik dan membuat pembeli merasa harus memilih mobil tertentu. Langkah awal, katakan harga kendaraan yang sesuai dengan keuangan.

Jangan banyak menjawab pertanyaan dealer yang menjebak, seperti ingin berencana menukar mobil atau bagaimana. Karena dealer akan tetap bermain dan membuat bagaimana bisa untung.

Pastikan sebelum datang ke dealer juga melakukan sedikit riset online. Sehingga pembeli memiliki pemahaman tentang tujuannya. Jika memang ingin menukar tambah mobil pastikan mereka membeli dengan harga tinggi dan tidak meremehkan mobil bekas tersebut.

Belilah mobil baru jika cara tukar tambah tersebut membuat mobil bekas dihargai dengan tarif murah.

5. Memilih Tipe Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan


Tips membeli mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan bisa dengan menyesuaikan tipenya. Hal ini akan menjawab mobil seperti apa yang sebenarnya orang butuhkan? Sehingga tidak melebar kemana-mana.

a. Mobil yang Berguna untuk Rutinitas Harian

Apabila pembeli ingin mencari mobil yang berguna untuk keperluan sehari-hari seperti rutinitas ke kantor, maka bisa pilih yang kompak. Seperti hatchback atau city car. Pemilihan tersebut berdasarkan kelebihannya.

Yakni bisa bikin pengguna lebih mudah dalam bermanuver di tengah kemacetan. Selain itu, dari sisi bahan bakar, mobil kompak juga cukup efisien. Namun kekurangannya adalah tidak bisa menampung banyak penumpang serta kurang nyaman untuk perjalanan jauh.

b. Penunjang Aktivitas Keluarga

Tips membeli mobil bagi yang sudah berkeluarga sebaiknya, mencari yang pas untuk banyak penumpang. Tipe mobil multi purpose vehicle (MPV) cocok untuk mereka yang ingin antar jemput anak ke sekolah, hingga kebutuhan harian.

Mobil tipe MVP ini mampu membawa banyak penumpang dan barang bawaan. Pas kalau ingin membawanya pergi mudik, untuk belanja, jalan-jalan, dan lainnya bersama keluarga.

c. Tipe Mobil untuk Petualangan

Jenis mobil saat ini bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saja, melainkan juga untuk penunjang hobi dan keinginan. Kepada para penggila otomotif, jenis sport utility vehicle (SUV) dan sedan bisa jadi pilihan favorit untuk menemani petualangan.

Tipe SUV ini mampu menemani medan perjalanan baik ringan maupun berat. Bahkan mampu melahap medan offroad ringan untuk beberapa jenisnya. Namun untuk tipe sedan, lebih untuk jalanan jauh dan medan yang ringan.

6. Pastikan Mobil Punya Garansi


Memperoleh garansi hanya terjadi pada pembelian mobil baru saja. Dan tentu tidak berlaku saat membeli mobil bekas. Adanya garansi akan membuat seseorang jadi lebih tenang saat terjadi permasalahan pada kendaraan yang baru saja dibeli.

Garansi mobil bermacam-macam, namun umumnya mencangkup berbagai jenis perawatan selama 3 tahun atau 100.000 kilometer. Sementara untuk garansi yang buruknya hanya dalam hitungan 1 tahun saja.

7. Lakukan Test Drive


Tips membeli mobil terakhir adalah dengan melakukan test drive terlebih dahulu sebelumnya. Karena secara langsung pembeli bisa merasakan pengalaman berkendara dengan menggunakan mobil dan menjadikannya pertimbangan.

Itulah beberapa tips membeli mobil yang bisa Anda terapkan nantinya. Semoga informasi tersebut bisa membantu dan menjadi referensi penting untuk Anda.

TOP