.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

15 Tanaman Pembersih Udara di Rumah Menjadi Sejuk

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.13
15 Tanaman Pembersih Udara di Rumah Menjadi Sejuk

Khawatir keluargamu menghirup virus, kuman, atau partikel berbahaya di rumah? Tanaman pembersih udara bisa jadi solusinya.

Jarang disadari, rumah juga bisa menjadi sumber pencemaran udara. Meskipun, kita sudah berusaha menjaga kebersihan rumah. Namun debu, bahan kimia, dan partikel mikroskopis di udara yang berbahaya, akan menyebabkan sakit bila tak sengaja terhirup.

Oleh karena itu, menambahkan beberapa tanaman pembersih udara di rumah bisa membantu menyegarkan kembali atmosfer hunian. Tanaman pembersih udaradapat meningkatkan kesehatan sebagai pembersih alami dari udara beracun atau polutan berbahaya.

Mari kita pelajari beberapa khasiat tanaman pembersih udara yang cocok dipelihara di rumah. Let’s find out!

1. Bunga Aster

Selain menghadirkan semburat warna merah, kuning, oranye, atau pink yang ceria, bunga aster adalah tanaman pembersih udara. 

Terutama untuk membersihkan udara dari racun benzena maupun formaldehida. Racun tersebut umumnya ditemukan dalam berbagai bahan rumah tangga. Seperti cat tembok, hingga serat sintetis. 

Cukup tempatkan bunga aster di ruangan dengan sinar matahari yang cukup agar tumbuh dengan baik.

2. Devil's Ivy

Dikenal sebagai tanaman pembersih udara, Devil's Ivy berdaun agak lancip dan mengkilap. Biasanya, ditempatkan di pot gantung untuk menjaga kebersihan udara di rumah. 

Kalau kamu kurang pandai merawat tanaman, jangan khawatir, karena Devil's Ivy sangat mudah ditumbuhkan tanpa ada perawatan khusus. Meskipun bisa tumbuh subur dimanapun, Devil's Ivy senang berada di tempat yang cerah dan lembab.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera dikenal sebagai obat luka bakar dan pelembab alami. Karena tanaman ini senang di tempat yang cerah, coba taruh tanaman lidah buaya di dekat jendela dapur. Jadi, ketika tanganmu terluka bakar atau teriris saat memasak, bisa cepat diobati.  

Selain itu, tanaman ini akan memurnikan udara di dapur dari formaldehida dan benzena, jenis senyawa kimia yang ditemukan dalam deterjen, cat vernis, dan pengharum lantai.

4. Lidah Mertua

Coba cek apakah di sekitar rumah ada tanaman lidah mertua? Dengan menempatkan tanaman pembersih udara ini di kamar tidur, kamu bisa tidur nyenyak. Sukulen berujung kuning ini akan melepaskan oksigen di malam hari, membantumu bernapas lebih baik ketika tidur.

Di sisi lain, tanaman ini dapat menyaring udara dari bahan kimia berbahaya. Seperti,  formaldehida, xilena, benzena, toluena, dan trikloroetilena. Hindari menyiram terlalu banyak agar akarnya tidak membusuk.

5. English Ivy

Tanaman pembersih udara yang mudah tumbuh ini sangat efektif mengurangi partikel debu dan racun di udara. Menjadikannya tanaman pembersih udara yang sempurna untuk kamar mandi atau kamar tidur.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa Ivy juga dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur di rumah. Agar tumbuh subur, siram secara teratur dan tempatkan di sinar matahari langsung 4 jam sehari.

6. Tanaman Laba-laba

Bagi kamu yang masih pemula berkebun, tanaman laba-laba adalah pilihan ideal. Diam-diam, tanaman pembersih udara ini akan melawan racun yang tersebar di udara. Seperti, karbon monoksida dan xilena, bahan pelarut dalam industri percetakan dan karet.

Kalau kamu memiliki anjing atau kucing di rumah, tanaman ini juga tidak beracun bagi hewan jika tertelan.

7. Dracaena

Trichloroethylene dan xylene adalah salah satu polutan yang diperangi oleh tanaman pembersih udara ini. Daunnya memiliki semburat merah cerah yang menambahkan kilasan warna ke rumahmu.

Dikenal juga sebagai pohon naga, tanaman ini bisa tumbuh sampai 2,5 meter. Jadi, simpan di ruangan yang langit-langitnya tinggi serta mendapatkan cukup cahaya matahari.

8. Chinese Evergreen

Cocok ditanam di daerah tropis, Chinese Evergreen terbukti efektif sebagai tanaman pembersih udara. Bahan beracun seperti formaldehida dan benzena, yang terdapat pada deterjen dan kosmetik, dapat terdetoks dengan tanaman Chinese Evergreen.

Disarankan agar kamu menaruh Chinese Evergreen di tempat lembab seperti kamar mandi atau dekat kolam ikan agar tumbuh subur.

9. Bunga Krisan

Ubah suasana dapur atau ruang tamu semakin cerah dengan bunga krisan. Bunga cantik ini ternyata juga menjadi tanaman pembersih udara. Bunga krisan dapat menyaring sejumlah racun seperti ammonia yang biasa ditemukan dalam bahan deterjen, plastik, dan lem.

Perlu diingat bahwa bunga krisan menyukai sinar matahari. Jadi, taruh saja di tempat dekat jendela atau teras.

10. Palem Bambu

Sempurna untuk ruangan dengan pencahayaan minim, Palem Bambu menjadi titik fokus cantik di sudut ruangan manapun. Daunnya melengkung dan anggun sebagai tanaman pembersih udara. Khususnya, mendetoks racun formaldehida dari udara. Siram secara teratur agar daun Palem Bambu tidak mudah menguning.

11. Calathea

Menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman pembersih udara, Calathea mudah dijumpai di pedagang bunga atau tanaman. Dikenal dengan motif daun yang unik, Calathea juga eksotis untuk mencerahkan suasana ruangan.

Dengan warna yang indah, Calathea adalah tanaman pembersih udara yang menyaring banyak senyawa beracun. Agar bisa bertahan hidup, tanaman ini harus ditempatkan di ruang yang hangat dan terang. Namun, tidak terkena cahaya matahari langsung.

12. Puring

Tanaman Puring tumbuh subur di berbagai daerah seluruh Indonesia. Selain di sekitar area sawah atau kebun, Puring juga bisa menjadi tanaman hias sekaligus tanaman pembersih udara.

Disukai karena warna-warni daunnya dan bentuk daun yang lebar. Selain warna cerah dan terang, Puring akan menyaring racun di udara. Perawatan Puring cukup mudah. Yaitu, dengan menyiram teratur dan menjemur di bawah sinar matahari selama 2-3 jam setiap hari.

13. Beras Wutah (Dumb Canes)

Tanaman beras wutah juga dikenal sebagai dumb canes atau dieffenbachia. Ideal untuk menciptakan nuansa tropis dalam ruangan. Berdaun oval dengan motif semburat putih kecil seperti taburan beras.

Bila ditempatkan dalam ruangan, dedaunannya akan menyaring racun dari udara. Sehingga, penghuni rumah akan mendapatkan udara yang lebih sejuk dan segar.

14. Broad Lady

Salah satu jenis palem yang bisa mengurangi kadar ammonia di udara. Broad Lady yang sudah tumbuh besar, biasanya agak mahal. Jadi, lebih baik bisa menanam sendiri dari mulai bibit atau benih.

Tanaman pembersih udara ini suka di daerah lembab. Jadi, bisa ditempatkan di dekat kolam ikan atau kamar mandi.

15. Bunga lili putih

Favorit bagi pecinta tanaman hias, keindahan bunga lili putih tak perlu ditanyakan lagi. Akan tetapi, sebelum menambahkan bunga lili ke koleksi tanaman, perlu diketahui tanaman ini beracun. Jadi, bila kamu memiliki anjing atau kucing, sebaiknya berhati-hati menempatkannya.

Bunga lili putih daunnya akan berwarna cokelat jika tanahnya terlalu kering. Agar tumbuh subur, letakkan di tempat yang terang, dan sirami secara teratur agar tanahnya tetap lembab.

Kamu mungkin sudah memiliki beberapa jenis tanaman hias di atas, namun masih belum tahu fungsinya sebagai tanaman pembersih udara. Mana nih jenis tanaman favoritmu?


TOP