.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

Alur pada Ban Mobil untuk Apa? Ini Tujuannya

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.27
Alur pada Ban Mobil untuk Apa? Ini Tujuannya

Pernahkah kamu terbersit pertanyaan, tujuan ban mobil diberi alur adalah untuk apa? Seperti yang kita ketahui, ada beragam motif atau alur pada roda kendaraan. Rupanya, hal ini bukan hanya sekadar indah dipandang atau fungsi estetis semata, alur ban mobil dibuat dengan tujuan tertentu.

Sehubungan dengan hal tersebut, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu komponen penting pada roda mobil yaitu alur atau motif ban. Simak pembahasannya hingga usai, ya!

Ban Sebagai Komponen Penting Keselamatan

Tujuan ban mobil diberi alur adalah salah satu pertanyaan yang mungkin masih ada di benak sebagian orang. Karena seperti yang kita ketahui, suatu kendaraan diciptakan dengan perhitungan yang begitu matang.

Jadi, para produsen tidak asal dalam membuat suatu kendaraan. Kendaraan tersebut harus memiliki komponen yang baik dan juga bisa mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dan sebagainya.

Ban mobil sendiri adalah salah satu komponen di suatu kendaraan yang paling penting dan sangat membantu.

Dengan adanya ban, maka kendaraan bisa bergerak dengan bebas dan bisa dijalankan sesuai fungsinya. Jika tidak ada ban tentu kendaraan tidak bisa digunakan dengan baik.

Karena fungsi ban mobil yang begitu penting dan tidak bisa diabaikan, tentunya ban tersebut harus kita ganti atau diberi penanganan sesegera mungkin jika mengalami suatu masalah.

Jika ban tidak segera diganti atau ditangani maka akan sangat berbahaya untuk pengendaranya. Waktu yang paling baik untuk mengecek ban secara berkala minimal 1 tahun pemakaian.

Sedangkan, tujuan ban mobil diberi alur adalah salah satunya yaitu memberikan gaya gesek.

Lantas, mengapa di setiap ban terdapat alurnya? Apalagi setiap tipe dan merek ban juga memiliki desain yang berbeda-beda, ya. Tentunya ada alasan mengapa ban suatu kendaraan diberi alur.

Karena sudah pasti tidak mungkin penambahan alur dilakukan hanya untuk fungsi estetika saja, tentu karena ada tujuan di baliknya yang begitu penting.

Tujuan Ban Mobil Diberi Alur Adalah

Setiap ban mobil atau kendaraan lain di permukaannya memang tidak pernah mulus, kamu bisa mengeceknya di kendaraan masing-masing yang dimiliki.

Selalu terdapat alur atau bisa juga disebut dengan lekukan memanjang yang mengitari permukaan dari ban kendaraan. Desain lekukan ini dibuat bukan asal-asalan saja, karena sudah pasti memiliki tujuannya.

Jadi, tujuan ban mobil diberi alur adalah untuk bisa memberikan gaya gesek dan semakin diperbesar pada saat bersentuhan dengan permukaan jalanan.

Nah, ketika permukaan ban tersebut dan jalanan saling bersinggungan maka nantinya akan tercipta gaya gesek yang lebih besar.

Manfaat dari hal tersebut salah satunya yaitu membuat ban tidak mudah tergelincir sehingga keselamatan berkendara juga jadi lebih terjamin.

Apalagi ketika berkendara di jalanan licin, ban yang tidak memiliki alur sudah bisa dipastikan tidak bisa berjalan dengan baik dan sangat mudah tergelincir.

Tidak hanya itu saja, tujuan ban mobil diberi alur adalah juga untuk membuang air yang melintasi jalanan berair atau saat hujan turun.

Sehingga, kondisi ban pun lebih terjaga dan mampu mencengkram permukaan jalanan dengan lebih kuat.

Pastikan Kondisi Ban Tetap Prima

Kini kamu sudah mengetahui ya mengenai apa saja sih tujuan dari ban mobil yang diberikan alur.

Yang mana slah satu tujuannya yaitu memperkecil potensi tergelincir yang tentu sangat membahayakan penumpang dan kendaraan.

Namun, sangat disayangkan hingga saat ini masih banyak pengendara yang tidak begitu memperhatikan kondisi dari ban yang mereka gunakan.

Pada saat ban mobil mengalami kondisi aus, maka sudah bisa dipastikan bahwa permukaannya mulai mengembung atau gendut dan halus.

Kondisi tersebut memang dipicu oleh permukaan dari ban yang terus bergesekan dengan jalan tapi malah ban tidak segera diganti.

Jika hal tersebut kamu alami  tentu akan sangat bahaya dan keselamatan kamu yang menjadi taruhannya. 

Mobil pun juga tidak dapat berjalan dengan lancar dan sangat berbahaya untuk kendaraan lain yang ada di sekitar kamu juga. Maka dari itu, sebaiknya segera melakukan penggantian ban jika sudah dalam kondisi aus.

Kapan Ban Harus Diganti?

Kira-kira kapan ya harus mengganti ban baru? Dan, bagaimana ciri-ciri ban yang harus segera diganti?

Ciri utamanya adalah jika pemakaian ban sudah lebih dari 3 tahun. Sedangkan, cara untuk mengetahui kondisi ban yang sudah harus diganti, maka kamu bisa memperhatikan di bagian alur permukaan ban.

Pada saat kedalaman alurnya sudah kurang dari 1,6 milimeter dari permukaan atas baris TWI, kamu bisa langsung mengganti ban tersebut.     

Tips Membeli Ban Mobil yang Baik

Tujuan ban mobil diberi alur adalah hal yang begitu penting. Sedangkan, di poin ini akan diberikan beberapa tips dalam membeli ban mobil yang baik, antara lain:

  • Pilihlah ban mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya saja kamu ingin travelling dan untuk melewati medan yang banyak bebatuan, berlumpur, licin, dan sebagainya maka kamu bisa memilih ban untuk offroad, contohnya M/T atau Mud Terrain.
  • Pilih ban sesuai jenis atau tipe mobil.
  • Pilih ban dengan desain yang cocok.
  • Sesuaikan ban dengan ukuran.
  • Jangan lupa untuk memperhatikan tahun ban dibuat. Jika sudah mencapai batas kadaluarsa, maka ban mobil pun harus segera dilakukan penggantian.
  • Pilih ban mobil sesuai dengan ketebalannya. Ban mobil yang baik memiliki ketebalan 50. Pastikan ketebalannya sesuai karena jika ketebalannya di bawah rata-rata akan membuat performanya menurun.

Itulah penjelasan mengenai fungsi alur pada ban mobil dan juga apa saja tips dalam membeli ban mobil yang baik. Semoga bermanfaat untuk kalian  yang akan mengganti ban baru!


TOP