Newsroom

Canggih! Begini Cara Kerja Mobil Listrik

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.05.03
Canggih! Begini Cara Kerja Mobil Listrik
Karena kebutuhan akan penggunaan energy alternative semakin gencar dilakukan oleh masyarakat dan juga untuk memenuhi tuntutan produk berteknologi tinggi, banyak perusahaan yang mengeluarkan produk inovatif terbarunya. Salah satunya adalah perusahaan Hyunday yang mengeluarkan mobil listrik demi lingkungan yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan manusia mencoba teknologi canggih terbaru.

Khususnya di tahun 2022 ini, para pecinta otomotif akan semakin dimanjakan dengan berbagai produk mobil berteknologi canggih yang terbaru. Salah satu buktinya adalah dengan terselenggaranya GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang sukses diadakan pada November 2021 lalu. Hyundai sendiri mengeluarkan satu jenis mobil listrik, yaitu Hyundai Ioniq 5 yang dikeluarkan pada 2022.

Hyundai Ioniq 5 ini merupakan sebuah mobil yang diusung dari model produksi Hyundai 45 yang sebenarnya pernah dipamerkan dalam sebuah acara global di tahun 2019. Dengan menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular Platform, Hyundai Ioniq 5 ini memiliki dua pilihan tipe, yaitu 2WD dan AWD.

Tipe 2WD menggunakan motor listrik tunggal di bagian belakang yang mampu menghasilkan 216 PS serta torsi maksimal 350 Nm. Sedangkan AWD memiliki motor listrik yang bertenaga 209 PS serta torsi maksimal 350 Nm di bagian belakang dan satu motor listrik yang dapat menumbuhkan 96 PS dan torsi 255 Nm pada bagian depan.

Dikenalkannya Hyundai Ioniq 5 di pasar ini didukung oleh presiden Joko Widodo yang sudah menandatangani Perpres yang berisi pengembangan mobil listrik di Indonesia. Namun, bagaimana cara kerja mobil listrik sebenarnya hingga dapat bergerak?

Komponen Esensial dari Mobil Listrik


Dalam pengoperasiannya, mobil listrik memiliki beberapa komponen penting untuk menjalankan motor demi menghasilkan tenaga serta memiliki torsi instan yang dapat langsung tersalurkan pada roda untuk menggerakkan mobil. Ini dia beberapa komponen esensial pada mobil listrik.

1. Baterai Traksi


Baterai memang merupakan komponen utama untuk menyimpan serta mengalirkan arus listrik yang searah atau direct current ke inverter. Yang kemudian dialirkan untuk menggerakkan motor traksi.

2. Motor Traksi


Motor traksi merupakan dinamo listrik yang berfungsi untuk menggerakkan transmisi dan roda. Dinamo mobil listrik ini menjadi komponen utama mobil listrik untuk mendukung performa mobil listrik sehingga mesin mobil dapat berputar hingga belasan ribu rpm.

3. Drive Inverter


Komponen penting lainnya adalah drive inverter yang mengalirkan arus listrik direct current (DC) dari baterai traksi yang dialirkan ke drive inverter kemudian diubah menjadi arus listrik alternating current (AC). Pada akhirnya, lewat drive inverter inilah baterai di ubah untuk menggerakkan motor traksi.

4. Controller


Controller juga merupakan komponen utama dari mobil listrik yang berfungsi untuk mengatur daya listrik yang disalurkan lewat baterai dari drive inverter untuk menggerakkan motor traksi. Dari controller inilah banyaknya tekanan serta frekuensi pergerakan motor dikontrol sesuai arahan pengemudi.

5. Auxiliary Battery dan Charger


Dalam satu buah mobil, terdapat banyak baterai untuk menambah daya listrik sesuai kebutuhan dalam bentuk auxiliary battery dan pengisiannya dilakukan dengan sebuah charger untuk mengisi daya. Dengan banyaknya jumlah baterai, mesin dapat mengoperasikan berbagai kebutuhan pergerakan mesin mobil.

6. Sistem Termal


Sistem termal dalam mobil listrik adalah menjaga suhu mobil agar tetap stabil. Sistem ini memiliki komponen khusus yang mampu mendinginkan mesin mobil.

Cara Kerja Hyundai IONIQ 5


1. Tahapan Pengisian Daya Sebagai Bahan Bakar


Pada dasarnya, mobil listrik adalah tipe mobil yang hanya menggunakan tenaga baterai atau Battery Electric Vehicle untuk menggerakan mesin mobil. Untuk mengisi ulang daya baterai, pemilik mobil hanya perlu mencari sumber listrik eksternal serta di dapat dari mengumpulkan energy kinetic saat pemilik mobil melakukan pengereman.

Dalam satu mobil listrik, umumnya terdapat ribuan cell baterai dimana daya tersebut diteruskan ke bagian motor untuk diubah menjadi energy mekanik atau putaran. Dengan menggunakan 3 phase rotating magnetic field (RMF), mobil listrik dapat menghasilkan putaran yang tinggi untuk diteruskan ke girboks.

Dalam fase ini, mobil mampu menghasilkan putaran yang bisa mencapai sekitar 18.000 rpm. Kecepatan putaran itu dapat di cek lewat motor speed sensor untuk melihat ukuran kecepatan putaran motor yang dibutuhkan.

2. Tahapan Mesin dapat Berputar dan Bergerak


Dari proses inilah, ditemukannya drive inverter yang dibuat dengan canggih untuk menentukan perpindahan gir, mengetahui pijakan pedal gas pengemudi mobil, serta mengontrol akselerasinya. Dari drive inverter ini juga terdapat proses pengubahan arus DC dari baterai ke AC untuk membuat mesin pada motor berputar. Pada dasarnya, drive inverter adalah otak dari mobil listrik ini. 

Saat mesin motor pada mobil bergerak, pengemudi dapat mengontrol gerakan perputarannya pada drive inverter lewat kemudi. Misalnya saja saat terjadi pengereman, drive inverter akan mengontrol seluruhnya sesuai dengan sensor – sensor pada mobil yang digerakkan oleh pengemudi.

Nah, selain dikontrol perputaran motornya, mobil listrik bisa berjalan setelah kendali putaran itu diteruskan ke girboks untuk meneruskan putaran motor ke drive shaft ke masing – masing roda. Di dalam girboks inilah terdapat oli yang dapat melumasi gear agar tidak kering dan putaran mesin dapat terjadi dengan lancar.

3. Tahapan Mesin Dapat Menggerakkan Roda Mobil


Dari girboks tersebut, putaran motor pada mobil listrik diteruskan ke differential dimana perputaran rodanya dibagi antara roda kanan dan kiri. Nah, untuk membuat roda mobil bergerak Ke kanan, ke kiri, maju, maupun mundur, pengemudi dapat melakukannya dengan membalikkan putaran motor lewat kemudi.

Mesin motor pada mobil akan membaca sensor sesuai yang diperintahkan pengemudi lewat kemudinya serta tuas atau saat pengemudi menekan tombol reserve (R). Begitulah cara mobil listrik bergerak tanpa menggunakan bahan bakar. Super canggih, bukan?

Mengapa Hyundai Ioniq 5 Disebut Mobil Ramah Lingkungan?


Mobil Hyundai Ioniq 5 pastinya disebut sebagai mobil ramah lingkungan karena tidak menggunakan fosil sebagai bahan bakarnya. Inovasi ini mulai tahun 2022 ini dapat digunakan oleh masyarakat yang ingin berperan aktif dalam pelestarian dan keberlangsungan lingkungan di bumi.

TOP