.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

4 Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok dengan Mudah dan Murah

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.22
4 Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok dengan Mudah dan Murah

Insiden tak terduga seperti menabrak tong sampah atau menyerempet tiang listrik, terkadang membuat body mobil penyok atau tergores. Lalu, bagaimana cara memperbaiki body mobil penyok? Terutama, di sisi belakang atau sisi depan kendaraan?

Untuk memperbaiki, memang kita dapat langsung membawa ke bengkel mobil terdekat. Namun, ternyata ada cara memperbaiki body mobil penyok yang lebih mudah dan hemat uang.

Penasaran bagaimana cara memperbaiki body mobil penyok yang murah-meriah? Ikuti langkah-langkahnya berikut, ya!

Cara Memperbaiki Body Mobil Penyok

Bumper dan body mobil adalah komponen kendaraan yang rentan penyok karena menyerempet atau bertabrakan. Ikuti beberapa tips di bawah ini untuk cara memperbaiki body mobil penyok:

1.  Perbaiki dengan Air Panas dan Dorong dari Dalam

Cara pertama yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan air panas untuk melenturkan body mobil yang penyok. Berikut langkah-langkah cara memperbaiki body mobil penyok dengan air panas:

  • Siapkan air panas yang fungsinya untuk memanaskan body mobil.
  • Gunakan ceret atau teko air sebagai wadah air panas tersebut. Lalu siramkan sedikit demi sedikit pada bagian body mobil yang penyok.
  • Gunakan kain yang digunakan untuk memberikan tekanan pada bagian mobil yang penyok hingga kembali ke bentuk semula. Doronglah body mobil yang penyok setelah menghangat dari dalam ke luar.
  • Jika sudah kembali ke bentuk normal, siramlah dengan air dingin untuk mengeraskan kembali bagian body mobil.
  • Perhatikan jangan terlalu keras dalam memberikan tekanan di bagian body mobil yang penyok karena dapat membuat bentuk mobil menjadi berubah ataupun dapat membuat body dapat pecah.
  • Ulangi cara di atas beberapa kali hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara yang ada di atas ini sudah banyak yang mencoba. Perlu diingat, cara ini hanya berlaku untuk bumper yang bahannya plastik atau serat karbon. Sebab, jika kamu menyiramnya dengan air panas, maka bisa lebih mudah menarik bagian mobil yang penyok ke posisi sebelumnya.

2.  Perbaiki dengan Cairan Karbondioksida dan Hair Dryer

Cara memperbaiki body mobil penyok yang kedua adalah dengan cairan karbon dioksida dengan memanfaatkan hair dryer atau pengering rambut. Jika peralatan yang dibutuhkan sudah tersedia, ikuti langkah perbaikannya bawah ini:

  • Siapkan cairan karbon dioksida dan hair dryer.
  • Nyalakan pengering rambut dan arahkan udara panas pada body mobil yang penyok.
  • Lakukan hal ini hingga terasa panas. Untuk tingkat kepanasan ini berbeda tergantung dengan kondisi body mobil yang penyok tergolong parah atau tidak. Jika bagian yang penyoknya besar, maka biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit.
  • Kemudian, semprotkan cairan karbon dioksida dibagian yang dipanaskan dengan hair dryer tadi.
  • Tekan bagian yang penyok agar kembali ke posisi semua.

Dengan memanfaatkan perubahan suhu dari panas menjadi dingin, kamu bisa memperbaiki body mobilmu yang penyok. Bagian mobil yang melengkung akan tertarik, sebab terjadi hentakan daya dorong yang muncul. Hal ini diakibatkan terjadi perubahan suhu yang drastis dalam waktu singkat.

3.  Perbaiki dengan Es Batu

Jika kamu belum puas dengan cara di atas, kamu bisa coba mengikuti cara memperbaiki body mobil penyok dengan es batu di bawah ini:

  • Siapkan es batu dan tempelkan di bagian body mobil yang penyok. Biarkan selama 2 menit.
  • Tunggu hingga butiran berbentuk salju keluar dan memperbaiki bagian body mobil yang penyok.
  • Lepaskan es batu dan panaskan dengan hair dryer hingga bagian body mobil yang penyok hilang.

Cara ini kamu bisa gunakan jika kerusakan body mobil atau penyok tidak terlalu parah.

4.  Perbaiki dengan Pops A Dent

Sebagian orang mungkin ragu-ragu atau khawatir kalau cara memperbaiki body mobil penyok memakai suhu panas. Sebab, takut membuat cat mengelupas atau muncul karat.

Sebagai gantinya, kamu bisa gunakan produk khusus, namanya Pops A Dent. Alat ini bentukya seperti handle yang fungsinya mendistribusikan tekanan yang merata di seluruh “jembatan” sehingga dapat menghindari resiko kerusakan tambahan pada body mobil.

Keunggulan Pops A Dent, antara lain:

  • Caranya mudah cukup dengan memutar dan merekatkan saja.
  • Dapat digunakan untuk segala jenis penyok di kendaraan.
  • Tidak merusak cat pada mobil.
  • Hemat biaya dibanding harus ke bengkel.
  • Body mobil dapat kembali ke posisi semula.

Langkah-langkah Penggunaan Alat Pops A Dent

  • Pilih pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok yang ada pada mobilmu.
  • Panaskan glue stick kira-kira 5 menit saja dan tidak perlu berlebihan.
  • Biarkan lem mengering kira-kira 3-5 menit dan pastikan bahwa lem benar-benar lengket. Jangan tempelkan lem pada mobil lebih dari 8 menit. Jika hasilnya belum sesuai keinginan, ulangi kembali proses di atas.

Perlu diketahui bahwa hasil pemakaian Pops A Dent akan sangat bergantung pada seberapa besar penyok dan dimana letaknya. Ulangi dengan memutar searah jarum jam jika mobilmu mengalami penyok yang lebih besar.

Sayangnya, alat ini hanya dapat digunakan untuk mobil yang masih mempunyai cat body mobil asli dari pabriknya. Jika digunakan untuk kendaraan yang sudah terkelupas, dikhawatirkan membuat bagian lain catnya terkelupas.

Nah, itulah tadi beberapa cara memperbaiki body mobil penyok yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, tanpa perlu ke bengkel dengan biaya yang lebih rendah. Selamat mencoba, ya!

Apabila kerusakan atau body mobil yang penyok benar-benar parah, segera bawa kendaraan ke bengkel terdekat di kotamu untuk mendapatkan perawatan terbaik.


TOP