.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

8 Tips Merawat Body Mobil Agar Tetap Bersih dan Kinclong

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.27
8 Tips Merawat Body Mobil Agar Tetap Bersih dan Kinclong

Umumnya, para pemilik mobil lebih memperhatikan bagian mesin atau kaki-kaki kendaraan. Padahal, kamu juga perlu tahu cara merawat body mobil. Sangat penting memahami cara merawat body mobil agar tampak selalu bersih dan mengkilap.

Kalau mobil tampak selalu bersih, hal ini mencerminkan kepribadian pemilik yang mengutamakan kebersihan dan kenyamanan. Maka itu, yuk mulai langkah merawat body mobil agar tampak kinclong di bawah ini!

Cara Merawat Body Mobil

Tampilan luar suatu kendaraan tentu mencerminkan pemiliknya, begitu juga dengan mobil.

Nah, untuk kamu yang ingin cat mobil terlihat seperti baru terus, maka cobalah beberapa cara merawat body mobil yang ada di bawah ini:

1. Menggunakan Sabun Khusus untuk Mobil

Sebagian pemilik mobil ternyata masih beranggapan bahwa semua jenis sabun bisa digunakan untuk mencuci mobil, padahal tidak demikian.

Mencuci mobil dengan menggunakan sabun pencuci piring, deterjen, atau sabun colek malah bisa membuat cat mobil jadi memudar dan kusam.

Sedangkan, jika kamu menggunakan sabun mobil dengan merek dan kualitas yang tidak jelas, maka bisa membuat warna mobil jadi tidak merata (belang).

Karena hal tersebut sebaiknya gunakanlah sabun khusus untuk mencuci mobil yang memiliki kandungan khusus untuk merawat cat dan body mobil.

Cucilah mobil secara rutin minimal seminggu sekali hingga seminggu dua kali tergantung kondisi cuaca.

2. Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Hal-hal yang dianggap sepele ternyata sangat berpengaruh ke perubahan body atau cat mobil seperti tempat parkir mobil.

Siapa sangka ternyata parkir mobil juga harus diperhatikan karena dapat membuat warna cat mobil jadi pudar.

Sebaiknya pada saat berhenti atau mencari tempat parkir, maka kamu bisa mencari tempat yang teduh (untuk parkir lama).

Sedangkan, apabila tidak ada tempat teduh maka kamu bisa menggunakan sarung mobil agar tetap melindungi warna cat mobil dari efek buruk sinar ultraviolet.

3. Bersihkan Mobil dengan Kain Halus

Saat membersihkan mobil maka kamu harus menggunakan kain yang halus dan tidak kasar, setidaknya gunakan kanebo yang lembut. Jangan gunakan kain dengan bahan kasar seperti kain bekas potongan baju atau handuk.

4. Membersihkan Bagian Body Mobil dengan Rutin

Membersihkan mobil secara rutin memang suatu keharusan. Jika mobil kita dalam keadaan kering maka kita pun harus membasahi bagian body mobil atau menyiramnya sebelum membersihkan.

Mengelap body mobil saat kering membuat mobil malah tidak terlihat bersih sempurna.

Melainkan, dapat meninggalkan goresan kecil karena adanya partikel debu dan kerikil sehingga lapisan cat mobil menjadi rusak.

5. Selalu Gunakan Sarung Mobil di Malam Hari

Cara merawat body mobil yang selanjutnya yaitu selalu menggunakan sarung mobil di malam hari.

Hindari memarkir mobil di tempat yang terbuka karena bisa membuat embun menempel ke cat body mobil. Selain itu, hal ini dapat memudarkan cat serta mengurangi ketahanan dari body mobil itu sendiri.

Jika hal tersebut kamu biarkan terjadi secara terus-menerus maka body mobil bisa retak. Untuk menghindarinya maka gunakanlah sarung mobil pada saat malam hari untuk menghindari benda-benda yang bisa merusak cat dan body mobil.

6. Koreksi Cat Mobil

Pada saat mobil melaju memang akan banyak sekali benda yang menyerang dari segala sisi, seperti sinar matahari, air hujan, ranting pohon, kerikil, dan bahkan dari pengendara mobil lain. Hal-hal tersebut bisa saja membuat body dan cat mobil jadi rusak.

Kalau hal ini terjadi maka jangan ragu untuk menggunakan bantuan dari tenaga ahli dan lakukan glazing, compounding, dan juga polishing.

Dengan tujuan agar membuat cat mobil tetap bagus dan terlindungi dari logam yang menimbulkan karat.

7. Bilas Mobil Usai Terkena Hujan

Datangnya hujan memang tidak bisa diprediksi, dan ternyata hujan juga bisa membuat warna cat mobil kurang indah.

Hal ini dikarenakan hujan berpotensi menurunkan kualitas dari cat mobil. Karena hal tersebut maka disarankan untuk membilas mobil jika terkena hujan.

Sebaiknya bilas sesegera mungkin karena air hujan yang didiamkan dalam waktu lama bisa membuat lapisan cat berjamur.

8. Lindungi Cat Mobil

Cara merawat body mobil yang terakhir adalah lindungi cat mobil. Lindungi cat mobil dengan bahan seperti sealant atau wax.

Kedua bahan ini sering digunakan untuk melindungi cat mobil, ban, dan bahkan kaca mobil sehingga debu pun tidak mudah menempel.

Bahkan kini sebagian besar penyedia jasa proteksi cat mobil menawarkan jenis perlindungan baru yaitu nano ceramic coating yang bisa memberikan perlindungan hingga setahun lebih.

Berbeda dengan wax atau sealant yang dapat memberikan perlindungan hanya bulanan saja.

Nah, nano ceramic coating ini tentunya lebih kuat dan memberikan efek hidrolik, selain itu juga memproteksi lebih banyak dari zat-zat yang bisa merusak cat mobil kamu.

Bagaimana, sekarang kamu sudah mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk merawat body dan cat mobil, kan!

Silakan ikuti beberapa cara merawat body mobil seperti yang ada di atas agar mobil kamu terlihat seperti baru terus. Demikian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat.


TOP