.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

Penjelasan Tentang Coating Mobil dan Manfaatnya untuk Lapisan Cat

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.21
Penjelasan Tentang Coating Mobil dan Manfaatnya untuk Lapisan Cat

Siapa sih yang tak ingin mobilnya terlihat mengkilap dan selalu tampak baru? Pasti semua pemilik mobil setuju jika perawatan cat mobil harus diperhatikan detail. Ada dua pilihan untuk melapisi cat mobil, yaitu car wax dan coating mobil.

Walaupun, coating kendaraan relatif lebih mahal, namun sangat direkomendasikan. Sebab, hasil kilap coating mobil jauh lebih maksimal dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Sedangkan, car wax biasanya hanya bertahan 3-4 bulan.

Tapi, banyak orang yang masih ragu, perlukah menggunakan coating mobil? Dan, apakah manfaat coating kendaraan benar-benar sepadan dengan harga yang dibayarkan? Agar bisa memutuskan, yuk simak dulu ulasannya berikut!

Apa Itu Coating Mobil?

Sebelum memutuskan apakah coating kendaraan layak atau tidak, kamu perlu memahami apa itu coating. Pada dasarnya, coating mobil adalah suatu lapisan tertentu yang berwarna transparan untuk melindungi cat mobil. Lapisan ini dirancang lebih kuat dan protektif, ketimbang lapisan car wax yang lembut.

Umumnya, coating mobil menggunakan nanoteknologi. Ini artinya, lapisan coating terbuat dari partikel-partikel kecil seukuran nano berbahan materi padat seperti batu kuarsa, kaca, dan keramik. 

Itulah sebabnya, ketika diterapkan coating mobil akan melindungi cat mobil dari berbagai noda, bahan kimia, goresan, serta efek oksidasi selama bertahun-tahun.

Selain itu, coating juga mampu menghalau paparan sinar UV matahari. Sehingga, mampu mempertahankan warna cat mobil tetap awet seperti baru, meski sering parkir di terik matahari. Bahkan, coating kendaraan bisa bertahan lebih dari 10 tahun jika dilakukan oleh tenaga profesional. Jadi, bisa lebih irit biaya cat ulang mobil, kan!

Manfaat Coating Mobil

Berkat lapisan nano, coating mampu melindungi permukaan mobil dari berbagai noda, goresan, kotoran, dan bahan kimia. Di samping itu, coating yang berwarna bening tidak mempengaruhi warna atau cat asli pada permukaan mobil.

Sekarang, mari kita lihat apa saja manfaat memberikan perlindungan lapisan nano atau coating mobil di bawah ini!

1. Mobil Selalu Terlihat Baru

Tanpa disadari, warna mobil kesayangan akan memudar seiring waktu. Tapi, dengan coating, warna mobil akan tetap terlindungi meskipun sering dijemur atau terpapar sinar matahari.

Saat dilapisi coating, cat di bawahnya akan terlindungi. Selain itu, lapisan coating mobil memberikan efek mengkilap sehingga mobil selalu tampak seperti baru.

2. Tak Perlu Cat Ulang atau Car Wax

Hasil akhir coating yang terlihat mengkilap membuat mobil selalu dalam kondisi prima dan berkilau. Cukup mengguyur dengan air mengalir, noda dan kotoran mudah dibersihkan.

Kamu bisa lebih menghemat biaya cat ulang kendaraan dan tidak repot car wax tiap 3 bulan. Dana yang dihemat bisa dialokasikan untuk biaya lainnya.

3. Perlindungan Tahan Lama

Bisa dibilang, manfaat terbaik dari coating kendaraan adalah daya tahan yang lebih lama ketimbang car wax. Bila car wax hanya mampu bertahan 3-4 bulan, coating dapat melindungi kilau cat mobil sampai bertahun-tahun.

Setelah diterapkan dengan tepat oleh ahli yang berpengalaman, coating mobil bisa bertahan lebih dari 7 tahun. Pastikan permukaan mobil tidak terdapat lecet, goresan, atau kotoran membandel agar hasil coating lebih maksimal.

Sudah jelas, dengan perlindungan ekstra ini, coating akan mempertahankan cat mobil dalam jangka waktu lama. Tak hanya itu, lapisan coating akan membantu melindungi mobil dari bahaya fisik lainnya ketika berkendara. Mobil lebih tahan gores karena terdapat lapisan nanoteknologi.

4. Anti Noda Dan Debu

Debu, lumpur, atau kotoran burung, bisa sangat mengganggu cat atau permukaan mobil. Namun, untungnya lapisan coating mampu melindungi warna dan anti noda. Selain terlihat seperti baru, mobil juga akan tampak selalu bersih. 

Sebab, kotoran seperti debu, lumpur atau partikel lainnya tidak mudah menempel pada lapisan coating mobil yang sangat halus. Mencuci mobil juga semakin mudah, karena tinggal diguyur dengan air yang mengalir.

Jadi, kalau kamu tinggal di daerah dengan tingkat kontaminan yang tinggi atau sering melintasi area yang berlumpur, berdebu, atau banyak batu kerikil, lapisan coating membantu menjaga kendaraan tetap bersih.

Tentunya, kamu masih perlu mencuci mobil secara teratur, namun coating membantu agar mobil tidak cepat kotor. Selain itu, lapisan coating dapat mencegah noda air atau bintik-bintik air. Coating juga mencegah tumbuhnya jamur dan karat pada bagian eksterior mobil yang terkadang merusak permukaan atau cat mobil.

5. Lapisan Perlindungan Ekstra

Manfaat lainnya dari coating mobil adalah memberikan lapisan perlindungan ekstra pada kendaraan yang bisa menyebabkan kerusakan.

Contohnya, paparan sinar matahari dapat merusak cat atau body mobil dari waktu ke waktu, terutama jika diparkir di luar rumah. Coating kendaraan membantu melindungi kendaraan dan mencegah sinar UV agar cat mobil tidak cepat memudar.

Lapisan coating juga melindungi mobil dari karat atau kerusakan zat kimia lainnya ketika digunakan bepergian.

6. Menghemat Uang

Terakhir dan tak kalah penting, coating mobil lebih hemat biaya perawatan mobil, ketimbang car wax atau opsi perlindungan cat mobil lainnya. Coba pertimbangkan berapa uang yang bisa dihemat karena kamu tidak perlu mengecat, car wax, bahkan bisa mencuci mobil sendiri di rumah.

Sekali menerapkan coating bisa bertahan lebih dari 7 tahun. Tapi, car wax hanya bertahan sekitar 3-4 bulan. Lebih banyak uang dan waktu yang bisa dihemat karena menggunakan lapisan coating.

Sekilas, coating mobil mungkin terlihat mahal. Akan tetapi, dalam jangka panjang tentunya akan sangat menghemat uang. Sekali lagi, lapisan coating dapat membantu melindungi mobil dari kerusakan mahal seperti goresan, karat, atau jamur. Daripada menghabiskan uang untuk memperbaiki, lebih baik cegah kerusakan sebelum muncul dengan coating kendaraan.

Coating mobil adalah salah satu opsi yang brilian untuk menjaga dan melindungi kondisi mobil agar selalu tampak prima. Baik itu, dipakai sendiri atau ketika akan dijual kembali, penampilan mobil akan tampak seperti baru. Tentunya, hal ini akan memberikan kepuasan serta kenyamanan bagi pengendara. 

Gimana, tertarik ingin coba coating mobil? Yuk, hubungi bengkel dan salon mobil terdekat di kotamu untuk info selengkapnya!


TOP