.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

Mengenal Carbon Neutral dalam Menyeimbangi Gas Rumah Kaca

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.09.09
Mengenal Carbon Neutral dalam Menyeimbangi Gas Rumah Kaca

Teknologi yang hadir dalam kehidupan modern sangat membantu manusia beraktivitas sehari-hari. Sayangnya, terkadang perkembangan teknologi ikut  menimbulkan masalah lingkungan. Oleh karena itu, manusia perlu melakukan sesuatu untuk menjaga kelestarian bumi. Salah satunya dengan langkah meningkatkan carbon neutral.

Apa yang dimaksud dengan carbon neutral? Dan, langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi jejak karbon dari emisi gas rumah kaca untuk meningkatkan carbon neutral? Semua pertanyaan di atas, dapat kamu temukan jawabannya dalam penjelasan artikel kali ini!

Pengertian Carbon Neutral

Carbon neutral adalah pencapaian keadaan emisi CO2 menjadi nol. Konsep inilah yang berguna dalam mengurangi dan menentukan emisi karbon dioksida yang terikat dengan produksi, transportasi, energi, pertanian dan lainnya.

Terdapat dua pendekatan yang bisa digunakan untuk menggapai keadaan ini, yakni dengan menggunakan energi terbarukan yang tidak menghasilkan emisi karbon. Atau, dengan menyeimbangkan emisi karbon dengan menghilangkan karbon.

Menyeimbangkan tingkat karbon dengan menghilangkan karbon adalah pendekatan penting tentang carbon neutral. Konsep ini mencakup proses alami yang bisa menghilangkan karbon dioksida dari atmosfer guna memberi ruang bagi emisi karbon pada tempat lain.

Sedangkan, menghapus emisi karbon dengan penggunaan energi terbarukan adalah pendekatan lain untuk mendukung netralitas karbon. Umumnya, bentuk energi terbarukan tidak akan menghasilkan karbon dioksida sama sekali. Contoh sumber energi terbarukan di antaranya energi matahari, energi angin, energi air, energi panas bumi, dan lainnya.

Tak hanya itu, pendekatan ini melibatkan berkurangnya emisi karbon industri dan pertanian dengan membuat perubahan revolusiner di berbagai industri.

Langkah Mencapai Carbon Neutral

Berikut beberapa langkah untuk mencapai carbon neutral yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Komitmen

Semua pihak harus ikut berkomitmen mendukung program netralitas karbon secara kontinyu. Bukan hanya pemerintah, namun seluruh lapisan masyarakat bekerja sama untuk menjaga kelestarian lingkungan.

2. Perhitungan

Mematuhi rekomendasi dan standar regulasi dalam perhitungan emisi karbon pada area tertentu dengan mempertimbangkan parameter tertentu.

3. Analisis

Langkah penting dalam siklus pencapaian netralitas karbon, dimana kita perlu menganalisis data yang telah dihitung untuk mencapai netralitas karbon secara efektif.

4. Tindakan

Bertindak sesuai sistem manajemen lingkungan yang digunakan untuk memulai kerja menuju pengurangan emisi karbon.

5. Pengurangan

Pembatasan atau pengurangan energi dan emisi di berbagai sektor industri. Termasuk, sektor transportasi, pertanian dan lainnya, serta mulai menggunakan sumber energi terbarukan.

6. Pengimbangan

Penggantian kerugian karbon digunakan untuk menetralkan sejumlas emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida.

7. Evaluasi dan Pengulangan

Mengevaluasi hasil untuk memutuskan perbaikan yang diperlukan dan mengulangi proses untuk mendapat hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara Mengurangi Jejak Karbon dari Gas Rumah Kaca untuk Meningkatkan Carbon Neutral

Ada beberapa area utama menurut World Health Organization (WHO) yang dapat mengurangi jejak karbon dari gas rumah kaca untuk meningkatkan netralitas karbon, diantaranya:

1. Mengurangi Jejak Karbon Pada Transportasi

Usahakan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum misalnya kereta api. Karena, setiap liter bahan bakar yang dibakar dalam mesin mobil menghasilkan lebih dari 2,5 kg karbon dioksida.

Jika kamu mengemudi mobil ke kantor, kamu bisa mengajak beberapa teman atau orang lain yang searah dalam satu mobil. Sehingga, dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan efisiensi bahan bakar. Usahakan jangan mengebut. Sebab nantinya lebih banyak bahan bakar yang digunakan dan akibatnya mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida.

2. Mengurangi Jejak Karbon Pada Makanan

  • Mengurangi konsumsi produk hewani, misalnya sapi.
  • Mendaur ulang atau membuat kompos dari sampah organik. Jika tidak, nantinya metana akan dilepaskan oleh limbah yang bisa terurai secara hayati di TPA.

3. Mengurangi Jejak Karbon Pada Penggunaan Air

  • Menggunakan mesin pencuci piring dan mesin cuci sesuai kapasitasnya.
  • Merebus air yang perlu digunakan dan menutupi panci saat memasak. Ini akan menghemat banyak energi supaya proses air mendidih lebih cepat.
  • Menyimpan air hujan jika memiliki akses dari atap atau sediakan talang air yang bisa langsung disalurkan ke kebun, tanaman, maupun tanah, dan sebagainya.

4. Mengurangi Jejak Karbon Pada Penggunaan Energi

  • Gunakan kipas angin sebagai pengganti AC.
  • Program alat elektronikmu supaya dapat menyala atau mati secara otomatis.
  • Daripada terus menerus menyalakan AC atau kipas angin, buka jendela atau pintu untuk mengusir hawa panas agar bisa sedikit mengurangi emisi rumah kaca dan tagihan energi sebesar 5-10%.
  • Memperbaiki isolasi rumah sehingga lebih sedikit panas yang masuk saat gerah dan lebih banyak panas yang keluar saat dingin. Sehingga dapat mengurangi kebutuhan untuk menggunakan alat elektronik lainnya.
  • Cabut charger HP jika sudah penuh karena jika tidak itu masih mengonsumsi listrik.
  • Matikan lampu jika kamu tidak memerlukannya dan menggunakan lampu hemat energi seperti LED.
  • Mengubah pemasok listrik menjadi lebih hijau dengan menyediakan lebih banyak energi hijau yang terbarukan sehingga membantu dalam mencapai netralitas karbon.

5. Mengurangi Jejak Karbon Pada Pengelolaan Sampah

Daur ulang sampah anorganik seperti botol atau kaca yang bisa digunakan sebagai pottanaman. Atau, buatlah kompos dari sampah organik yang bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.

Bawalah tas belanja sendiri saat pergi ke pasar atau toko. Dan, hindari untuk membeli tas plastik konvensional untuk membawa belanjaan kembali ke rumah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai carbon neutral, serta cara mengurangi jejak karbon dari emisi rumah kaca yang bisa kamu lakukan. Sangat penting mempelajari lebih dalam mengenai netralitas karbon, sehingga apapun aktivitas yang kita lakukan sehari-hari telah menerapkan gaya hidup berkelanjutan dan meningkatkan netralitas karbon.


TOP