.

[Notice] Pedoman Social Distancing untuk pengunjung di Hyundai Motorstudio

Close

Newsroom

5 Cara Membuat Bioplastik dengan Mudah dan Cepat

Hyundai Motorstudio Senayan Park 2022.07.19
5 Cara Membuat Bioplastik dengan Mudah dan Cepat

Bahaya sampah plastik sudah sangat memprihatinkan. Bukan hanya mencemari kondisi air dan tanah, plastik juga telah mencemari lautan dan mengancam kelangsungan hidup satwa laut.

Oleh sebab itu, kita perlu mempertimbangkan penggunaan bioplastik sebagai alternatif plastik konvensional. Bioplastik adalah plastik biodegradable yang ramah lingkungan. Hebatnya lagi, kamu bisa membuat sendiri bioplastik di rumah.

Cara Membuat Bioplastik untuk Aneka Kemasan

Di bawah ini kita akan membahas cara membuat bioplastik sederhana di rumah. Pastinya akan lebih hemat dan menjadi aktivitas seru bersama anak-anak. Langsung simak, ya!

1. Menyediakan Bahan

Sebelum memulai cara membuat bioplastik, kamu perlu menyediakan semua bahan yang diperlukan. Ada berbagai kombinasi bahan untuk cara membuat bioplastik yang ramah lingkungan. Di antaranya:

  • 1 ml cuka putih
  • 10 ml air
  • 1,5 g tepung jagung
  • 0,5-1,5 g gliserol
  • 1-2 tetes pewarna makanan (opsional)

Pewarna makanan hanya dipakai kalau kamu ingin cara membuat bioplastik dengan warna tertentu. Jika tidak, bioplastik akan memiliki warna bening atau transparan.

Sedangkan, gliserol atau juga disebut gliserin, bisa dibeli di toko bahan kimia maupun dibeli di marketplace secara online.

Selanjutnya, persiapkan peralatan yang dibutuhkan, antara lain:

  • Panci
  • Spatula
  • Kompor
  • Kertas aluminium foil
  • Tusuk gigi

2. Campur Bahan ke dalam Panci

Setelah memastikan semua bahan tersedia, sekarang kita akan mencampur semua bahan ke dalam panci, kecuali pewarna makanan. Sebenarnya, cara membuat bioplastik cukup mudah, bahkan tidak masalah jika urutannya tidak sesuai dengan resep ketika memasukkan ke dalam panci.

Gunakan spatula berbahan silikon atau tahan panas ketika mengaduk dan mencampur semua bahan hingga menyatu. Terus aduk-aduk perlahan sampai semua gumpalan menghilang atau tercampur rata.

Jangan khawatir bila campurannya berubah warna menjadi seputih susu dan berair. Sebab, memang seharusnya seperti itu pada tahap percampuran cara membuat bioplastik.

Apabila tidak sengaja menambahkan jumlah bahan yang salah, mulai lagi dari awal.

3. Panaskan Panci Dengan Suhu Sedang

Setelah semua bahan tercampur rata, letakkan panci tersebut ke atas kompor. Kemudian, panaskan dengan suhu sedang. Aduk lagi semua bahan terus-menerus secara perlahan saat memanaskan di atas api, hingga mendidih.

Nantinya, ketika dipanaskan campuran akan terlihat mengental dan menjadi lebih bening atau transparan. Panaskan sekitar 10-15 menit dan berhati-hati agar campuran tersebut tidak terlalu lama dipanaskan.

Hindari terlalu lama memanaskan campuran karena akan terbentuk seperti gumpalan-gumpalan. Selanjutnya, jika kamu ingin menambahkan warna pada bioplastik, teteskan sedikit demi sedikit pewarna makanan sambil terus diaduk perlahan.

4. Tuangkan Campuran pada Kertas Aluminium Foil

Setelah campuran mendidih, kecilkan api dan oleskan di atas selembar kertas aluminium foil. Hati-hati karena bioplastik ini suhunya sangat panas.

Jika kamu melihat masih ada gelembung, pecahkan dengan tusuk gigi. Perhatikan juga kalau kamu ingin mencetak bioplastik menjadi bentuk tertentu, segera lakukan sebelum campurannya dingin.

5. Simpan Bioplastik di Tempat Sejuk dan Kering

Terakhir, cara membuat bioplastik adalah menyimpan atau menaruh bioplastik di tempat yang sejuk dan kering. Diamkan hingga 2-3 hari agar bioplastik mengeras selama fase pengeringan ini.

Perlu diingat, bila kamu memakai cetakan atau bentuk yang lebih tebal, biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering.

Cara Membuat Bioplastik Untuk Kantong Belanja

Pertama-tama, perlu diketahui kantong plastik bio adalah jenis kemasan yang terbuat dari bahan alam atau nabati, sehingga kantong plastik ini bisa terurai secara hayati.

Tujuan utama cara membuat bioplastik untuk kantong belanja adalah mengurangi kerusakan lingkungan dan mencegah dampak perubahan iklim. Beberapa jenis kantong bioplastik dibuat dari bahan baku yang sangat populer seperti kentang, jagung, dan kedelai.

Akan tetapi, ada juga beberapa bahan lainnya yang bisa dipakai untuk melakukan cara membuat bioplastik yang biodegradable. Di antaranya: tas goni, tas kertas, tas kayu, dan lainnya. Semuanya bisa dibuat sendiri di rumah sambil menjadikan waktu berkualitas bersama anak-anak dan keluarga.

1. Bahan yang Disediakan

Secara umum, tepung jagung adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan dalam proses cara membuat bioplastik untuk kantong belanja. Selain itu, ada bahan lain seperti cuka, air, dan gliserin.

Selain bahan-bahan tersebut, kamu membutuhkan wadah dan sendok. Selanjutnya, sediakan panci atau wadah anti lengket agar lebih mudah saat mengaduk campuran bioplastik.

2. Langkah Pembuatan Bioplastik

Sekarang, mari kita mulai cara membuat bioplastik untuk kantong belanja. Ikuti langkah berikut:

  • Ambil wadah atau panci.
  • Tambahkan 1 sendok makan tepung maizena.
  • Tambahkan 4 sendok makan air dan campur dengan tepung maizena sampai larut.
  • Tambahkan 1 sendok makan gliserin, 1 sendok makan cuka dan aduk rata.
  • Setelah tercampur rata, panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk.
  • Saat adonan tidak menggumpal dan teksturnya kental, matikan kompor dan angkat.
  • Biarkan adonan di permukaan panci anti lengket.
  • Saat adonan sudah selesai dipanaskan, kamu bisa segera membentuknya untuk membuat kantong belanja. Penting untuk tidak menunggu sampai dingin, karena teksturnya akan mengeras dan sulit dibentuk.
  • Setelah membentuk tas, biarkan mengering selama 2-3 hari.

Dan begitulah proses cara membuat bioplastik yang ramah lingkungan. Selain mudah dibuat di rumah, bahan-bahannya juga bisa mudah diperoleh di sekitar tempat tinggal. Awalnya mungkin masih belum berhasil, namun jangan khawatir! Teruslah mencoba.

Kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan lain seperti tepung pisang, pati kentang, jeruk, mangga, tomat, dan lainnya. Kamu juga bisa bereksperimen dengan bahan-bahan organik lainnya di rumah. Gimana, tertarik membuat tas bioplastik sendiri di rumah? Selamat mencoba.


TOP